Foto

Insting atau naluri profesionalisme seorang guru, nampak ketika berhadapan dengan siswa mampu membuat mereka terenyuh dengan pendekatan yang digunakan ketika belajar. Bila matematika adalah subjek yang dipelajari siswa, mungkinkah siswa pula dapat terenyuh oleh pendekatan pembelajaran oleh guru. Gambar di bawah ini menjadi salah satu dokumentasi pendekatan matematika realistik diterapkan dalam pembelajaran matematika.

IMG_0196

Apa yang diinginkan siswa, ketika mereka mau belajar? merupakan suatu pertanyaan yang setidaknya dapat direnungkan oleh guru. Dengan harapan mereka dapat mengetahui jawaban terhadap pertanyaan, apa sih yang mau dipelajari dan apa kegunaannya? Bila guru dengan tidak senang hati dapat memfasilitasi siswa untuk mendapatkan jawabannya, bukan hanya guru yang tidak mendapat simpati tetapi pelajaran yang diberikannya pun mendapat imbas rasa tidak suka siswa. Pendidikan matematika realistik Indonesia menawarkan sebuah jawaban tersebut dengan senang hati, simak gambar berikut.

IMG_0201Siswa tampak sibuk mengerjakan proyek matematika mereka, ini adalah langkah awal untuk membangun pengetahuan siswa mengenai konsep bilangan pada siswa sekolah dasar. Pendidikan matematika realistik Indonesia telah menyibukkan siswa tersebut untuk menuntun dan memfasilitasi mereka mendapat jawaban dengan belajar matematika. Pengajuan perspektif terhadap kinerja siswa dalam foto di atas, dapat dirumuskan dengan inspirasi konstruktivis, masalah kontekstual, interaktif, dan interwinement (mengaitkan). Selanjutnya, bagaimana hasil belajar mereka? kita lihat pada saat UN nanti, semoga hasil ujiannya memenuhi standar nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: