Kupu-kupu Bantimurung

#Mengajarkan Kelipatan Persekutuan Terkecil#

Kupu-kupu banyak dijumpai di taman wisata air terjun Bantimurung Maros, sekitar setengah jam perjalanan kendaraan bermotor dari kota Makassar. Banyaknya ragam dan spesies kupu-kupu di sana sehingga pemerintah kolonial Belanda hingga presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjulukinya “the kingdom of Butterfly”. Kupu-kupu di sana pun ada yang diawetkan untuk dijadikan aksesoris seperti gantungan kunci yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar area tempat wisata.

#Pemandian air terjun dan kawanan kupu-kupu bantimurung#

Simaklah soal berikut ini:

Suatu hari, Aco’ dan Kiki berwisata ke taman wisata Bantimurung. Setelah menikmati keindahan air terjunnya, maka mereka pun lalu ingin membeli gantungan kunci kupu-kupu sebagai oleh-oleh. Aco’ membeli beberapa gantungan kupu-kupu seharga Rp 3.000,- per itemnya sedangkan Kiki membeli beberapa gantungan kunci seharga Rp 5.000,- per itemnya.Berapakah gantungan kupu-kupu masing-masing yang dibeli oleh Aco’ dan Kiki sehingga jumlah uang yang mereka keluarkan sama?

 

 

#Gambar gantungan kunci kupu-kupu#

Nah soal di atas merupakan suatu konteks untuk pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan uang mainan dan gantungan kunci kupu-kupu sebagai alat peraga.

#Mengajarkan Konsep Penjumlahan#

Dengan memperhatikan corak pada kupu-kupu tertentu, siswa dapat diajarkan tentang konsep penjumlahan. Sebagai ilustrasi, perhatikan gambar berikut ini.

Pada gambar di atas terdapat beberapa bulatan di bagian sayap kupu kupu yang masing-masing sama jumlahnya di bagian kiri dan kanan yakni berjumlah 6 buah bulatan. Kita dapat mengajarkan kepada siswa kelas 1 sekolah dasar yakni dengan menghitung jumlah bulatan di bagian sayap kupu-kupu dan mengaitkannya dengan jumlah bulatan di sayap kiri dan kanan. Karena pada sayap kiri, jumlah bulatan ada 3, demikian juga dengan jumlah bulatan di sayap kanan, berarti 6 diperoleh dari hasil penjumlahan 3 ditambah 3. Dalam bahasa matematis 6 = 3 + 3.

Dari hal di atas, guna lebih memantapkan pemahaman siswa, guru disarankan untuk memberi contoh gambar kupu-kupu kepada siswa untuk mengajarkan penjumlahan. Konteks yang digunakan bukan hanya bulatan yang menyerupai lingkaran, tetapi juga corak yang tidak beraturan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini

Terlihat dari gambar di atas, corak pada masing-masing sayap sebanyak 6 buah. sehingga total keseluruhan jumlah corak pada kupu-kupu tersebut sebanyak 12 buah. Hal ini berarti 12 = 6 + 6

Jika guru merasa bahwa siswa telah paham dengan konsep tersebut, maka dapat dilanjutkan dengan gambar kupu-kupu yang memiliki corak lebih kompleks misalnya pada gambar di bawah ini

Pada gambar kupu-kupu di atas, coraknya tidak hanya terdapat pada bagian sayapnya saja, tapi terdapat pula di bagian tubuh kupu-kupu. Masing-masing sayap mempunyai 6 buah corak sedangkan di bagian tubuh terdapat 2 corak, sehingga totalnya 14 corak. Hal ini berarti 14 = 6 + 2 + 6.

Untuk menambah peran siswa sebagai pembelajar, kita dapat memberikan sketsa gambar kupu-kupu kepada mereka, misalnya gambar sketsa kupu-kupu di bawah ini

Siswa diminta untuk memberi corak pada sayap atau tubuh kupu-kupu dengan ketentuan bahwa corak yang ada pada sayap kiri harus sama jumlahnya dengan sayap kanan. Setelah itu, siswa menghitung hasil penjumlahan dari total corak yang ada dan kemudian dipresentasikan di depan kelas.

Menarik kan? sebagai guru yang kreatif, silahkan mengembangkan dan mencoba.

Sumber foto : drblog405.wordpress.com, proxy.caw2.com, pendiari.blogspot.com, dan sayapbersisik.co.cc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: