Menerapkan Pendidikan Matematika Realistik Dengan Menggunakan Tabel Rasio Dalam Mengajarkan Materi Jarak Dan Kecepatan Di Kelas 5 Sekolah Dasar

A. Pendahuluan

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan suatu acuan bagi guru mata pelajaran matematika dalam mengajar. Dalam hal ini, guru menggunakan konteks nyata terlebih dahulu sebelum secara bertahap masuk ke dalam tingkat matematika formal. Hal ini ditujukan agar dapat menciptakan pelajaran matematika yang bermakna bagi siswa. Pada observasi kali ini, saya dan Sri Imelda melakukan kegiatan belajar mengajar di SDN 119 Palembang pada tanggal 21 Oktober 2010 tepatnya di kelas 5a dengan materi jarak, waktu, dan kecepatan

B. Rumusan Observasi

Dalam observasi kali ini, kami merumuskan pertanyaan observasi yakni:

“Apakah siswa dapat memahami konsep kecepatan dengan menggunakan tabel rasio?”

C. Kondisi Kekinian, Perencanaan dan Proses Pembelajaran

1. Kondisi Kekinian

Dari beberapa informasi yang kami dapatkan dari guru matematika kelas 5 SD yakni bu Fatimah, bahwa kemampuan siswa di kelas 5 sangat beragam, yakni ada yang cepat tanggap dan ada pula yang lamban. Ada yang mempunyai dasar-dasar yang cukup bagus, dan ada pula yang tidak. Namun di kelas 5 ini kami mendapat banyak siswa yang ingatannya telah pudar tentang materi prasyarat bagi materi kecepatan di antaranya satuan panjang, waktu, dan pembagian. Mengingat pula bahwa matematika itu adalah pelajaran yang hirarki, yakni kita harus menguasai materi-materi prasyarat sebelum mempelajari materi yang baru maka kami mengadakan pra tes kepada siswa kelas 5 tersebut guna mengetahui sejauh mana penguasaan mereka terhadap materi prasyarat, dan hasilnya kami mendapati banyak siswa yang penguasaannya sangat rendah. Oleh karena itu, kami mengadakan pemantapan materi bagi mereka.

2. Perencanaan dan Proses Pembelajaran

Pada bagian ini, kami merencanakan untuk memberikan konsep jarak dan kecepatan pada siswa. Berikut Iceberg pembelajaran yang kami rencanakan:


Caranya yaitu mengajarkan siswa bahwa satuan jarak sama dengan satuan panjang yang pernah mereka pelajari. Untuk itu, kami memperkenalkan panjang tali 1 meter, 2 meter, dan 5 meter kepada siswa guna memahamkan mereka tentang jarak. Lalu siswa diminta untuk mengukur lebar kelas mereka dan hasilnya adalah 7 meter dengan menggunakan tali 2 dan 5 meter seperti yang diperlihatkan gambar di bawah ini.


Hal ini dilakukan guna menanamkan pemahaman kepada siswa, apabila mereka berjalan dari ujung kanan ke ujung kiri kelas, berarti mereka telah menempuh jarak 7 meter. Selanjutnya, kami mengadakan kegiatan di luar kelas yakni membagi siswa ke dalam 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6 siswa. 2 siswa dalam satu kelompok bertugas untuk berlari atau berjalan dari depan pintu kelas ke tempat yang ditentukan yang telah diperkirakan jarahnya terlebih dahulu, sedangkan yang lainnya mencatat waktu selesai berjalan atau berlarinya dari ke 2 siswa tersebut dengan menggunakan stopwatch. Setelah itu, siswa diminta untuk mengisi tabel hasil kegiatan mereka untuk mengetahui siapa yang lebih cepat dari ke 2 teman kelompoknya tadi beserta alasannya. Semua kelompok memberikan alasan karena yang satu larinya lebih cepat dari yang lain. Walaupun benar, namun mereka tidak bisa memberikan alasan berdasarkan data yang mereka peroleh.

Setelah itu, kami memberikan siswa soal cerita yakni, “Andi dan Yuda berangkat dari rumah masing-masing dengan menggunakan sepeda ke sekolah yang jaraknya 100 meter. Andi membutuhkan waktu 20 detik sedangkan Yuda butuh waktu 25 detik”. Untuk mengarahkan mereka ke konsep kecepatan kami memakai tabel rasio. Di sini, siswa juga dapat mengetahui bahwa Andi dalam jarak 50 meter membutuhkan 10 detik, dalam jarak 25 meter butuh waktu 5 detik, dan pada akhirnya dalam 5 meter butuh waktu 1 detik. Untuk memberi pemahaman yang lebih, kami juga menyediakan soal cerita yakni pada suatu hari “Andi dan Yuda berangkat dari Jakarta ke Bandung dengan menggunakan sepeda yang berjarak 120 km. Andi membutuhkan waktu 20 jam sedangkan Yuda butuh waktu 30 jam”. Setelah menggunakan tabel rasio, pada akhirnya siswa dapat menyimpulkan bahwa nilai kecepatan itu sama halnya dengan membagi jarak dengan waktu.


D. Analisis

Pada pengerjaan soal tentang masalah kecepatan yakni “Riza berangkat dari Jakarta ke Bandung yang berjarak 240 km dengan sepeda motor dalam waktu 5 jam. Sedangkan Rita berangkat dari Tangerang ke Bogor yang berjarak 120 km juga dengan sepeda motor dalam waktu 3 jam. Siapa yang lebih cepat dalam mengendarai sepeda motor, Riza atau Rita? Kemukakan alasanmu?”. Berikut salah satu jawaban siswa :


Hal di atas membuktikan bahwa siswa dapat menjawab soal-soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah. Dengan menggunakan konsep tabel rasio, maka siswa langsung dapat membandingkan kecepatan dua objek dengan menggunakan konsep perkalian atau pembagian.

Dalam pembelajaran ini pula kami tidak memberikan mereka rumus kecepatan secara langsung karena dikhawatirkan pelajaran tidak bermakna bagi siswa. Selain itu, hal tersebut juga kurang memperhatikan keterkaitan dengan materi lainnya seperti konsep perkalian, pembagian, dan perbandingan.

E. Kesimpulan

Dengan menggunakan tabel rasio, siswa tertolong untuk dapat mengetahui konsep kecepatan

F. Saran

Dalam mengajarkan materi kecepatan kepada siswa, sebaiknya tidak memberikan rumusnya terlebih dahulu, namun perlu diberikan pemahaman-pemahaman terlebih dahulu dengan menggunakan konteks yang dapat dibayangkan oleh siswa. Kita juga dapat menggunakan tabel rasio guna memberikan pemahaman konsep kecepatan kepada siswa sekaligus memperkuat kemampuan mereka dalam perkalian dan pembagian serta dapat mengajarkan mereka ke materi yang lebih lanjut yakni rasio dan proporsi.

About these ads

About p4mriunmmakassar

It is the one of institution of educational employee and educator in Makassar (formally named Ujungpandang). Now it has run Indonesia mathematics realistic education in South Sulawesi.

Posted on November 3, 2010, in Informasi PMRI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: